Peluru di matamu

17 komentar

-->


Judul : Peluru di Matamu,
bagian ketiga dari Trilogi Bulan Mati di Javancshe Orange
Pengarang : Afifah Afra Amatullah
Penerbit : Era Novfis
Jumlah Halaman : 193 halaman
Tahun terbit : 2003












Peluru di matamu adalah buku pamungkas dari Trilogi Bulan mati di Javansche Orange, sebuah Trilogi berlatar Tiga Dekade Sejarah Bangsa Indonesia: Masa Kolonialis Belanda, pendudukan Jepang dan era awal kemerdekaan. Kita akan dapat mempelajari sejarah melalui buku ini dengan cara yang tidak akan kita dapatkan di bangku sekolah manapun karena diceritakan dengan begitu ringan dan mengalir namun mampu mengaduk perasaan.

Adalah Omar yang lebih senang dipanggil Jack, pemuda yang memiliki ketampanan klasik ala Tom Curtis sebagai hasil dari perpaduan Italia, Turki dan Anglo Saxon. Besar di negara Super power dengan didikan liberal dari seorang kerabat ayah yang ia panggil Dad Robert seorang pengusaha sukses membuatnya tumbuh tanpa menghiraukan segala ideologi. Bagi Jack ia adalah epigon dari para petualang romantik abad pertengahan yang kesana kemari mencari cinta. Banyak gadis yang takluk pada senyumnya namun seorang Ivana Martin penganut Marxisme sejati berhasil menjerat dan memonopoli segenap romantisme yang Jack punya. Menjejalinya dengan pemikiran atheis hingga rela meninggalkan kuliah kedokterannya di Universite de Geneva untuk bertualang di Indonesia. Petualangan yang menghantar Jack menjadi seorang penghianat!

Indonesia ketika itu adalah sebuah Republik belia yang masih 'gonjang-ganjing' dihantam berbagai ideologi yang coba mewarnai sistem pemerintahan. Nasionalis yang sebagian pengikutnya ditunggangi kaum komunis berhadapan dengan Partai Islam yang terbelah menjadi kelompok Masyumi dan pengikut Imam Kartosuwiryo yang mendirikan Negara Islam Indonesia. Dan dalam kekacauan itulah Mahmud Alisyah ayah kandung Jack bersama sang bunda Johana Alexandra Rijkaard atau Khadijah memperjuangkan rakyat kecil yang seringkali menjadi korban dari pertikaian itu. Sang ayah yang tak pernah melihat Jack karena Jack lahir ketika ia telah menceraikan sang bunda (yang kemudian dinikahinya kembali) adalah seorang tokoh Islam yang meski tak berdarah Indonesia namun sangat mencintai negri ini. Mahmud mendidik santri-santrinya para pribumi di Pesantren Al-Ikhwah, pesantren warisan keluarga istri keduanya Hanifah. Tentu mereka sangat senang dengan kehadiran Jack yang secara tiba-tiba di pesantren tersebut. Khadijah sangat mengharapkan Jack menjadi seorang pejuang namun ia gelisah mengetahui ada dusta dikedua bola mata putra terkasihnya itu.

Rangkaian kisah yang disajikan membuat saya harap-harap cemas. Pertarungan batin yang dirasakan Jack membuat saya berharap akan sebuah akhir cerita yang mengharukan. Terlebih dengan hadirnya Said senior Jack di Fakultas Kedokteran Universitas Swiss yang lalu bergabung dengan pasukan Tentara Islam Indonesia yang mencoba menjauhkan Jack dari pesona Ivana.

Dan Afifah Afra berhasil membuat saya menahan nafas akan ending yang tak terduga. Yang begitu membekas seolah saya ikut terluka namun luka saya juga berhasil dipulihkan karena Afifah Afra juga menggiring saya untuk percaya bahwa para pahlawan akan mendapat kebahagiaan abadi mereka dengan cara yang telah Allah janjikan.

So kalau kamu suka novel sejarah namun tidak dengan bahasa yang membuat kening berkerut, kamu harus baca novel ini. Memang sih di toko buku tampaknya sudah jarang ada tapi kalau mau pesan online bisa ke Toko Buku Afra atau Toko Buku Online Afra. Bila stoknya habis kamu bisa juga pilih-pilih buku keren lainnya.


17 komentar :

  1. Saya sudah pernah baca buku ini. Dulu sekali, mungkin sekitar delapan tahunanlah.
    Suka dengan jalinan cerita yang dibuat oleh mbak Afra :)

    BalasHapus
  2. Hmm beli ga yaa... di pikir2 dulu deh, numpang baca dulu di sini :)

    BalasHapus
  3. Aku yakin bagus, dulu aku suka banget baca karya Afifah Afra. Sudah lama nggak nemu karyanya lagi :)

    BalasHapus
  4. owww, gak jelimet ya sob bahasanya, hmmmm, numpang liat2 dulu ah :D

    BalasHapus
  5. Kak Eqi : Iya kak buku lama ini nufus bawa semester awal kuliah dulu :)

    Mbak NF : Baca disini nggak sepuas baca cerita aselinya mbak he..he..

    Mbak Yunda : Padahal banyak loh mbak buku2 barunya mbak Afra, coba deh cek di tokonya :)

    Sobat Stumon : menurut aku nggak njelimet tauk deh kalau menurut sobat :D

    BalasHapus
  6. Udah lama juga gak baca-baca novel nih, lagi nunggu novelnya atun ..:D

    BalasHapus
  7. izin nyimak tulisan dulu dah!, masalah minat, gampang! hehehe...

    BalasHapus
  8. Bukunya kayaknya seru setelah membaca rangkuman ceritanya. Terlihat ada dusta di kedua matanya si Jack. Akankah si jack berbalik arah menjadi penentang ideologi Islam dan kapitalis? Seru juga kayaknya.

    BalasHapus
  9. Keren ya ... koq mirip sama resensi sebelumnya mbak? Sama2 ada "bola mata"-nya :)

    BalasHapus
  10. Mas Yitno : Begitulah kira2 mas Yitno

    Mbak Niar : Iya ya mbak aku aja baru ngeh he..he..

    BalasHapus
  11. wah..., boleh juga neh info bukunya; makasih banyak ya, Mbak.... ---> langsung meluncur ke TB Online Afra.

    BalasHapus
  12. kpn ya bisa kayak mbak afra..aku juga nunggu novel atun terbit :)

    BalasHapus
  13. Eh kayaknya kok bagus ya...
    Btw kok gambarnya pixelnya kecil gitu hehe :D

    BalasHapus
  14. Kunjungan pertama di blog ini, tolong dilike ya, artikel yg menarik semoga makin rame pagenya :)

    Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh - PUTRA LANGIT ONLINE - dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG "LEGENDA PUTRA LANGIT" yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

    BalasHapus