Real Madagascar!

12 komentar

Setelah tiga bulan ‘mengabaikan’ blog  ini rasa-rasanya ada yang berbisik ‘ayo nulis lagi! Ayo posting lagi! Banyak cerita yang harus ditulis kan?’ Dan memang harusnya banyak hal yang bisa diceritakan dari akhir Mei sampai penghujung Agustus!
Kejadian-kejadiannya cepat saja berlalu : Anas yang sudah menyelesaikan Tk-nya, Tes masuk SDSN yang ‘gagal’, kabar gembira penempatan suami ke Madagaskar, Dua Minggu menyususri Medan-Banda Aceh, cerita-cerita Ramadhan, persiapan keberangkatan yang ‘gedubag-gedebug’, pengumpulan tugas-tugas Flp yang melewati deadline untungnya para pejabat Flp baik hati tetap memberi toleransi dan banyak cerita yang terlewatkan tak sempat terdokumentasi di blog ini.
Tapi tak apa, yang penting sekarang aku mau nulis lagi ^^. Oya kami sekeluarga tak lagi di Jakarta sekarang kami sudah di Madagaskar. 
Apa yang kamu tahu tentang Madagaskar?
Yang ini?
 atau yang ini?


Awalnya aku juga tahunya Madagascar ya kartun-kartun lucu itu, sampai suamiku memberi kabar sepulang dari kantor bahwa kami sekeluarga akan ke Antananarivo. Dari pelafalannya aku mulai menebak-nebak. Mungkin Antananarivo itu sekitar Amerika Latin? Atau dekat-dekat Eropa (ngarep!!!)
“Googling aja” usul suamiku melihat raut mukaku yang bengong dan padahal dia juga had no idea about it ;p
Karena memang internet di rumah nyala terus, nggak butuh waktu lama untuk tahu kalau Antananarivo itu adalah capital dari Madagascar. Nah Madagaskar itu ternyata tidak hanya kisah Alex si singa, Marty si Zebra, Glona si kuda nil dan melman si Jerapah yang terjebak di Afrika atau Eropa yang menghadapi banyak rintangan untuk kembali pulang ke New york City. Atau cerita empat ekor pinguin : Skipper, Kowalski, Private dan Rico yang berlagak 'paramilitary' untuk melindungi rumah mereka di Central Park Zoo.  Ada banyak ‘petualangan’ menarik lainnya yang benar-benar real.
Ini dia hasil tanya-tanya sama mbah Google :


 Yang berwarna hijau itu dia, kalau Globenya diputar ke kiri sedikit akan tampak wilayah Indonesia. Nggak terlalu jauh ya? hanya melintasi Samudra Hindia! Tapi jangan pernah deh ngebayangin luasnya samudra Hindia itu kayak kali Ciliwung :D

Dan menurut om Wikipedia:
 Madagascar itu adalah pulau terbesar keempat di dunia terletak di lepas pantai tenggara afrika. Selain pulau utama, pulau-pulau kecil Juan de Nova, Pulau Europa, kepulauan Glorioso, Pulau Tromelin dan Bassas da India juga menjadi wilayah Republik Madagaskar. Walaupun secara geografis berdekatan dengan Afrika namun Sejarah geologi, biologi dan demografi Madagaskar berbeda dengan Afrika.
            Secara geologi, Madagaskar berada pada lempeng yang terpisah dari benua utama Afrika. Kebanyakan tanahnya berwarna merah, menunjukkan keadaan tanah yang telah melapuk. Akibat isolasi ratusan juta tahun tersebut flora dan fauna Madagaskar sangat khas dan banyak spesies endemik ditemukan disana. Keadaan ini mirip dengan yang terjadi di Pulau Sulawesi.
Dan informasi menariknya manusia pertama yang menghuni Madagaskar berasal dari Nusantara yang diperkirakan karena hubungan perdagangan pada awal-awal abad Masehi. Dan ternyata wajah-wajah penduduk Madagaskar juga mirip-mirip loh dengan kita jadi yah gampang aja berbaur di sini (harusnya!). Untuk menyebut bahasa dan bangsanya dipakai nama “Malagasy” Namun karena Madagaskar termasuk koloni Perancis dulunya,banyak pengaruh Perancis terlihat kuat disini bahkan Bahasa yang dipakai disini selain Bahasa Malagasy juga Bahasa Perancis.

Dibawah ini sedikit penampakan kota Antananarivo : 


Dan ada banyak penampakan lain yang tak hanya bercerita tentang gedung-gedung indah ini, akan ada cerita-cerita real lain yang juga menarik. Semoga masih ada tulisan sambungannya :)

Happy Blogging ^^

12 komentar :

  1. Madagascar version Indonesia menurutku Kalimantan soalnya masih banyak flora & fauna langka yang belum terjamah & kalau denger madagascar pasti identik dengan kecoa madagascar yang besar itu loh :D

    BalasHapus
  2. Rupanya ada yg ngomong'in daerah gue ya? heheheh...
    welcome to borneo of indonesian!

    BalasHapus
  3. Selamat 'berpetualang' di Madagaskar Fus :D

    BalasHapus
  4. di tnggu crta slanjtnya ya atun

    BalasHapus
  5. wah pastinya nantinya akan byk cerita dr dan ttg madagascar ? :)

    BalasHapus
  6. aku malah lebih suka film RIO yg menceritakan seekor burung yg gak bisa terbang tuh mbak,

    btw, maaf lahir batin yah :D

    BalasHapus
  7. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Bersabarlah dalam bertindak agar membuahkan hasil yang manis.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  8. Madagaskar, hmmmm.... berharap tulisan ini bersambung....

    BalasHapus
  9. Wow ... asik nih pengalamannya mbak Nufus. Bagaimana dengan masalah bahasa? Kayaknya seru ya mbak :)

    Kalo dengar kata "Madagascar", saya ingatnya penguin2 lucu itu :D

    BalasHapus
  10. Kalau dengar madagaskar...yg mucul di benak saya itu padang pasir lho? paranh banget ya imaji saya..

    Btw, apa kabar Mbak?

    BalasHapus
  11. Wah asik banget Madagaskar...
    Mau juga dong ke sana xD

    BalasHapus