Jacaranda

11 komentar

Jacaranda 
                Jacaranda, terasa familiar juga enak diucapkan. Aku jadi teringat Jaka tingkir juga Jaka tarup. Tokoh-tokoh legenda Indonesia zaman kerajaan dulu. Padahal nggak ada hubungannya sama sekalinya kecuali sama-sama Jaka. Atau juga Gusti Randa, ibunda,ananda,kakanda.  Tetap tak ada hubungan juga sih. Tapi yah itu tadi dari namanya kok kayak akrab gitu di lidah padahal Jacaranda itu berasal dari kata Portuguese yang artinya “hard core” atau “hard branch”.

Pohon cantik berbunga ungu ini  adalah satu dari 49 genus yang dimiliki dalam family Bignoniaceae yang biasanya tumbuh di daerah tropis dan subtropics . Asal awalnya dari South America yaitu Brazil, Argentina, Uruguay juga mexico dan central America. Lalu dikenalkan ke Australia, New Zealand, India, Fiji, Portugal dan beberapa daerah di Afrika, kalau Asia adanya di Nepal. Di Afrika malahan ada yang dikenal dengan Jacaranda City yaitu daerah Pretonia di South Afika dikarenakan begitu banyaknya jacaranda yang ditanam di sepanjang jalan, kebun-kebun dan taman-taman. Sehingga kota itu terlihat begitu ungu jika dilihat dari atas bukit.



Jacaranda yang mengelilingi Lac Anosy

Di Madagascar pohon ini juga banyak ditanam di sepanjang jalan, di halaman-halaman rumah  bahkan Lac Anosy yang menjadi landmarknya kota ini dikelilingi oleh jacaranda. Yang ketika sedang bermekaran tentu akan memperindah danau. Tampak semarak sekali, ungu dimana-dimana.


Anakku, ganteng-ganteng kan?

Seorang teman pernah bilang kalau dahulu kala ada seorang janda dan jejaka yang saling jatuh cinta. Namun cinta mereka tak mungkin disatukan karena adat setempat tak merestui hubungan seperti itu. Singkat kata mereka rela mati daripada tersiksa oleh perpisahan lalu merekapun bunuh diri. Keduanya lalu bersatu menjelma sebatang pohon. Itulah sebabnya mengapa tanah disekeliling jacaranda terlihat basah, katanya itu airmata mereka. Nggak enak kalau nggak percaya tapi aku penasaran juga, apa memang ada legenda seperti itu? Setelah mendengar cerita itu aku langsung googling dengan key word Jacaranda legend ; forbidden love ; mith dan kata-kata lain yang kira-kira cocok tapi tak ada cerita seperti itu yang terekan di google atau aku yang belum dapat ya?.

Adanya malah tentang mitos yang mengatakan  kalau bunga jacaranda terjatuh di atas kepala maka jika ia adalah seorang pelajar maka ia akan lulus ujian karena memang sih mekarnya itu di masa-masa ujian universitas.  Atau akan mendatangkan good luck lainnya. Kamu percaya?



11 komentar :

  1. pohonnya cantik sekali
    anaknya memang ganteng ganteng mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak memang cantik, makasih mbak eli :D

      Hapus
  2. Bagus pohonnya ya...
    Aku mau dong kejatuhan kembangnya... tapi masak mesthi ke Afrika sik ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak meski ke Afrika un, di negara lain jg banyak.. Australia, nepal, india atau central amerika.

      Hapus
  3. warna daunnya itu ungu muda ya.. cantik ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanh ungu itu bunganya mbak, iya cantik :)

      Hapus
  4. Namanya gampang di ucapkan oleh lidah Indonesia ya Mbak... Bunganya juga indah banget :)

    BalasHapus
  5. pantesan gak ada cireng, mbaknya di LN toh? :)
    pohonnya cantik bgt ya mbak, ky sakura
    anaknya ganteng2, dan pasti mbaknya plg cantik dirumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh di kampungku sumatra sana jg nggak ada cireng lohhh. Iya cantik pohonnya. °˚˚ºo(•̃͡-̮•̃͡) hέhέhέ (•̃͡-̮•̃͡)oº˚˚°. Aku perempuan sendiri di rumah mbak. Makasih ya

      Hapus
  6. duduk di bawahnya....semoga bisa ke Afrika...aamiin. lemparin bunganya dooong

    BalasHapus