Again! J50K ^^

9 komentar

Yeha!! Januari akan segera datang!. Dan seperti dua Januari sebelumnya, semangatku kembali tersulut. Bagi yang cukup mengenalku pasti tahu alasannya. Bagi yang belum kenal, mari dekatkan telingamu biar kuberitahu. Januari itu special karena ada ajang J50K!
Belum tahu apa itu J50K?. Ckckck kemana aja? :D.
Sudah, jauhkan telingamu!. Karena aku tak akan berbisik memberitahumu juga yang lain kalau J50K itu adalah singkatan dari Januari lima puluh ribu kata. Jadi di bulan Januari semua orang yang memutuskan untuk menjadi nekaders ditantang untuk menulis 50 ribu kata sampai akhir januari nanti. Tantangan yang tak bisa dibilang mudah juga tak bisa dibilang tidak mungkin. Karena semuanya tergantung semangat dan kesungguhan untuk menulis. Dan dua januari yang lalu memberiku pelajaran akan makna bersungguh-sungguh itu. Januari pertama aku berhasil menuntaskan 50.000 kata bahkan lebih beberapa ribu kata. Namun Januari kemarin aku malah melempem di tiga puluh ribuan saja. Padahal kalau dipikir-pikir beban dan waktu luang itu lebih banyak di januari kemarin.
Hasilnya?. Tentulah sebuah draft kasar dari kisah yang layak diceritakan. Hanya draft? . Jangan salah, semua karya itu berawal dari draft kasar dan tujuan menulis dengan target sejumlah kata itu tentu untuk merangkai sebuah cerita yang meski masih dengan kalimat-kalimat acak setidaknya sudah terbentuk alur yang tentu bisa dipermak dalam proses selanjutnya nantinya. Yang penting nulis dulu lah! Abaikan bagus atau tidak, layak terbit atau tidak. Dan aku termasuk orang yang percaya kalau tak ada usaha yang sia-sia. Terbukti beberapa teman telah menuntaskan ceritanya dan telah di terbitkan oleh penerbit mayor atau juga indie. Dan karya dua tahun milikku yang lalu kemana?. Keduanya sedang menanti nasib!. Dan aku cukup sabar untuk proses panjang itu.
Mau ikut bergabung menguji nyali menjadi nekaders? Cari informasinya disini Kampung Fiksi  Juga disini J50K. Oke, sudah dulu ya... mau langsung siap-siap nih.


9 komentar :

  1. semangat mba, mudah2an thn ini jg bisa ikutan nekaders :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok mbak Edi pastikan untuk ikut :)

      Hapus
  2. Mau dong ikutan, insya Allah :)

    salam silaturahmi

    BalasHapus
  3. waaaah..., boleh juga neh nekaders...

    BalasHapus
  4. saya mrupakan tipe laki2 yang tidak suka tantangan.. jadi mikir2 dulu deh..
    hwekekekee :D

    BalasHapus
  5. Tersugesti jadi ikutan semangat ni, hahaha...cemungud

    BalasHapus
  6. awalnya liza kira temannya JKT48 eh nggak taunya sebulan 50rb kata :)

    BalasHapus