Madagascar itu dimana?

39 komentar

“Madagascar itu dimana? Kirain Cuma judul film kartun!”
Percayalah itu bukan kalimat yang sekali dua kali aku terima ketika mengatakan kalau sekarang aku di Madagascar. Film kartun animasi karya DreamWorks yang menampilkan karakter-karakter lucu bernama Alex, Melman, Gloria itu lebih populer dibanding fakta kalau Madagascar itu sebuah negara.
“Jadi dimana?”                                           
Kalau kita melihat peta dunia, akan ada pola berbentuk pulau yang ada di sebelah barat daya Indonesia. Nah, itu dia Madagascar. Negara kepulauan yang terpisah dari daratan Afrika, dipaksa menghadapi Samudera Hindia yang sangat luas. Tapi ia tak sendiri ada negara-negara pulau lain yang ukurannya jauh lebih kecil di sekitarnya : Mauritius, Comoros, Mozambique juga La Reunion dan Mayotte yang masuk ke dalam negara territory Perancis. Madagascar ini adalah pulau terbesar keempat di dunia setelah Greenland, New Guinea dan Borneo. 





Letak Madagascar dari Indonesia


Karena tanahnya yang berusia jutaan tahun, juga akibat isolasi panjang setelah terpisah dari daratan Afrika menjadikannya sebagai rumah bagi banyak flora dan fauna yang tak ditemukan dimanapun di dunia. Sekitar 90 persen dari semua tanaman dan hewan yang ada di Madagascar bersifat endemik. Para ahli ekologi memasukkan Madagascar sebagai Biodiversity hotspot yang layak dilindungi secara Internasional untuk menjaga kelestariannya. Tak heran banyak Taman-taman Nasional dengan bantuan dana Internasional didirikan. Dan hutan tropis Atsinana yang memiliki enam taman nasional yang terbentang di bagian timur pulau Madagascar masuk ke dalam situs World Herritage oleh Unesco PBB.
Beberapa view Madagascar yang ditampilkan di kartu pos berbentuk pulau.

Yang paling menarik adalah ahli sejarah percaya kalau sekitar lima abad yang lalu pelaut-pelaut dari Borneolah yang pertamakali menginjakkan kaki di pulau ini. Iya Borneo! Kalimantan!. Kalau kita dulu sering mendengar lagu dengan lirik seperti ini :

Nenek moyangku orang pelaut
Gemar mengarung luas samudera
Menerjang ombak, tiada takut
Menempuh badai sudah biasa

Angin bertiup
Layar terkembang
Ombak berdebur di tepi pantai
Pemuda berani bangkit sekarang
Ke laut kita beramai-ramai

Maka percayalah! Memang lagu itu secara benar menceritakan keberanian para leluhur kita yang menggunakan kapal-kapal layar sederhana menyeberangi samudera luas. Merekalah yang disebut-sebut pendiri suku Vazimba yang awalnya menempati daerah pesisir Madagascar lalu bergerak menuju highland. Ada juga yang berpendapat kalau orang Indonesia lah yang mendirikan Kerajaan Merina yang berkuasa di Madagascar selama kurun abad ke tujuh belas hingga ke delapan belas. Meski ini masih menjadi perdebatan di antara para ahli. Juga, konon ditemukan batu kapur yang ditulis dengan tulisan Maanyan kuno yaitu suku dayak di Kalimantan, tulisan ini sangat mirip dengan tulisan Malagasy.  
Dari segi wajah, coba perhatikan foto presiden Madagascar Hery Rajaonarimampianina ini :
Sumber foto : http://www.diasporas-news.com/Madagascar-Hery-Rajaonarimampianina-confiant-sur-le-retour-des-financements-internationaux_a8821.html
Mirip wajah-wajah yang sering kita jumpai di Indonesia kan?. Sama gantengnya! hehehe. Begitu juga dengan bahasa, ada mirip-miripnya dengan dialek kita. 
a
Kamus Indonesia - Madagascar yang diterbitkan oleh KBRI Antananarivo


Baiklah ini dulu sebagai pengenalan awal tentang Madagascar negara yang sekarang aku tinggali, semoga ada tulisan sambungan. 
Happy Blogging!
Haya

Referensi dari http://en.wikipedia.org/wiki/Madagascar



39 komentar :

  1. Mbak kalo aku baca sejarah, banyak pendapat bahwa dulunya daratan di dunia ini bersatu, lalu kemudian terpisah oleh es yg mencair, sehingga banyak ditemukan binatang yang sama dari beberapa pulau/ benua yang terpisahsebagai tanda dulunya daratan ini bersatu. Salah satunya ya Madagascar itu yang bisa jadi sempalan pulau2 di Indonesia, apalagi letaknya yang segaris dg kepulauan kita, meski terpisah lautan. Wallahu A'lam

    BalasHapus
  2. Mbak kalo aku baca sejarah, banyak pendapat bahwa dulunya daratan di dunia ini bersatu, lalu kemudian terpisah oleh es yg mencair, sehingga banyak ditemukan binatang yang sama dari beberapa pulau/ benua yang terpisahsebagai tanda dulunya daratan ini bersatu. Salah satunya ya Madagascar itu yang bisa jadi sempalan pulau2 di Indonesia, apalagi letaknya yang segaris dg kepulauan kita, meski terpisah lautan. Wallahu A'lam

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKu juga baca tentang itu di Wikipedia mak Titi... Supercontinent, Pangea, daratan Gondwana, Laurasia.... teori-teori pembentukan bumi yang baru. Tapi aku nggak ngerti hehehe... rumit ^^.

      Hapus
    2. banyak juga tulisan yang menyatakan bahwa nenek moyang kitalah yang pertama berinteraksi dengan penduduk Madagascar, Mauritius, New Zaeland dan Australia jauh sebelum para penjajah bule itu datang dan menaklukan mereka. Hebat yaa

      Hapus
  3. emang, sih, kalau dengar kata madagascar yang langsung teringat adalah salah satu film favorit saya itu. Tapi karena film itu juga syaa jadi tau madagascar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak..apalagi ceritanya memang bagus ya, lucu! :D

      Hapus
  4. Beruntung Jeng Haya bisa tinggal di negeri ini ya. Memperkaya pengalaman.
    Semoga negeri cantik ini selalu aman, penduduknya sejahtera.
    Terima kasih artiklenya yang menambah wawasan saya.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak dhe kesempatan yg harus disyukuri :) Aminnnn semoga ya pak Dhe. Terima kasih dan salam tak kalah hangat juga dari Madagascar :)

      Hapus
  5. Kereeeeeennnnn.... Tulisannya lengkap ..enak pula dibaca :D

    Jd penasaran sama Madagascar.. Postcardnya juga Lucy..bentuk pulau gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Rahma.... ^^d. Aku kemari hehehe. Iya lucu memang :D

      Hapus
  6. Kak Haya, cerita jugalah bagaimana bisa merantau sampai ke Madagascar..menarik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ternyata tidak menarik bagaimana Febi? hehehe :D

      Hapus
  7. Haya, trimakasih untuk informasinya, lengkap dan enak dibaca. Waktu di Aceh kemarin, aku sempat punya Boss, orang Italia beristrikan orang Madagascar. Mirip banget sama orang Indonesia lho, si ibu ini. :)
    Ditunggu lanjutannya yaaa. Serasa belajar geografi dan sejarah in a fun way lho!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malagsy adalah percampuran Africa dan Asia... ada beberapa yg menunjukkan karakter Asia ada juga yg terlihat pengaruh Afrikanya kak... Makasih banget hehehe... semangat nulis!! :)

      Hapus
  8. Kakak kenapa bisa nyasar ke Madagaskar, kak? gimana caranya? jadi pengen ke sana juga. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak nyasar Citra, ini sudah melalui rute yang benar :D saya ikut suami yang kerja disini... Ayo kemari :D

      Hapus
  9. Kyk belajar sejarah kak... tapi gk bosan gk kyk d kelas, hehe

    BalasHapus
  10. toss ah, saya juga taunya dari tuh film, salamin ya buat alex sama gorila dari stupid monkey ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alex udah kembali ke NY City tuh hehehe

      Hapus
  11. Izin kunjungannya pak admin?? Salam sejahtera :)

    BalasHapus
  12. Wah, presidenya mirip kali kayak orang Indonesia ya Fus, bukan kayak orang Afrika.. Mirip seseorang deh, public figure atau pejabat Indonesia, tapi saya lupa siapa
    Btw, jangan-jangan dulunya Madagaskar bagian dr Indonesia yak, karna jadi pulau terpisah gitu. Nice share fus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo... mirip siapa kak?? Hehehe
      Katanya sih nyambungnya sama India atau Srilangka gitu kak Eqi... WaAllahu Aklam ya kak.

      Hapus
  13. Btw, langsung template baru kayaknya. Aheuuumm... :D

    BalasHapus
  14. Waah menarik .... suka sama postingan2 khasnya Mbak Nufus ttg Madagascar. Kalo ttg bahasa yang mirip dengan kita, sudah pernah postingkah?

    BalasHapus
  15. Waah menarik .... suka sama postingan2 khasnya Mbak Nufus ttg Madagascar. Kalo ttg bahasa yang mirip dengan kita, sudah pernah postingkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum mbak Niar... lagi baca-baca juga sih mbak.

      Hapus
  16. Ngomong-ngomong, kok bisa sampai disana mba? saya termasuk baru di blog ini jadi masih belum terlalu ngerti seluk beluknya :D

    BalasHapus
  17. Eh? ternyata 'deket' juga ya Indonesia dengan Madagaskar. Kirain di ujung2 benua manaa gitu :D

    BalasHapus
  18. waah mirip salah seorang menteri di Indonesia kak hehe. saya dulu taunya madagascar dr profile nirina zubir (yang ternyata kelahiran madagascar) :D btw ditunggu kelanjutannya kak

    BalasHapus
  19. Mbak aku suka banget baca tulisan-tulisan di blogmu. Madagaskar? baru ngeh kalau nama itu bukan sekadar di kartun. Culture di sana udah jauh beda sama di Indo ya Mbak? Itu pulau menghadap samudra segede itu, apa nggak serem Mbak?

    BalasHapus
  20. Mbak aku suka banget baca tulisan-tulisan di blogmu. Madagaskar? baru ngeh kalau nama itu bukan sekadar di kartun. Culture di sana udah jauh beda sama di Indo ya Mbak? Itu pulau menghadap samudra segede itu, apa nggak serem Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulturenya perpaduan Asia - Afrika...namun karena lama dijajah Perancis, pengaruh perancis juga terasa sekali mbak. terimakasih banyak sudah mau berteman di blog ini mbak Sofia.

      Hapus
  21. Mak, aq mau itu kartu posnya satu klo kamu lagi mudik ;)

    BalasHapus
  22. Mak temanku mau pindah kerja ke Mauritus, kira2 biaya ke sana berapa ya? siapa tahu ada rejeki hihihi

    BalasHapus