EBOLA

6 komentar

Foto dari bbc.com

Dunia sedang ketakutan terhadap penyebaran penyakit mematikan bernama Ebola yang begitu cepat. Penyakit epidemik yang pertamakali diidentifikasi pada tahun 1976 di area South Sudan, juga Zaire Republik Demokrasi Kongo adalah penyakit yang merupakan wabah di daerah tropis sub-Sahara Afrika. Kini, penyakit ini kembali merebak  di Afrika Barat tepatnya dimulai dari Guinea pada Desember 2013 yang dalam waktu singkat bergerak menyebar ke Liberia dan Sierra Leone. Beberapa kasus juga ditemukan di Nigeria dan Senegal lalu kabar menyedihkan terbaru bahwa pekerja kesehatan di Amerika Serikat dan Spanyol juga terinfeksi penyakit serupa setelah melakukan kontak dengan pasien terinfeksi Ebola.
Tanggal 15 Oktober 2014 WHO bersama US Center for Disease Control and Prevention (CDC) dan pemerintah lokal telah melaporkan total korban terinfeksi Ebola berjumlah 8.998 kasus dengan 4.493 kasus kematian. Meski dipercayai angka sebenarnya lebih tinggi 2,5 kali lipat dari kasus yang dilaporkan. Angka yang sangat tinggi dan wajar membuat Ebola adalah sebuah bencana bagi kemanusiaan.

Sebenarnya apa sih penyakit Ebola ini?.
Ebola Virus Disease, Ebola Hemorrhagic Fever atau Simply Ebola adalah penyakit yang menyerang manusia dan mamalia lainnya yang diakibatkan oleh ebolavirus. Ada lima spesies dari virus ini yang dinamakan berdasalkan daerah tempat ditemukannya  : Bundibugyo ebolavirus, Reston ebolavirus, Sudan ebolavirus, Tai Forest ebolavirus (daerah cote d’ivoire), Zaire ebolavirus yang merupakan virus terkuat penyebab kematian terbanyak.

Lalu apa tanda dan gejalanya?
Tanda dan gejala khas dimulai sejak 2 hari sampai 3 minggu setelah pertama kali terinfeksi virus berupa :  demam, sakit tenggorokan, nyeri otot dan sakit kepala. Gejala ini berlanjut dengan muntah, diare, ruam dan muncul bintil-bintil merah dikulit dan bagian tubuh bersamaan dengan penurunan fungsi hati dan ginjal. Pendarahanpun terjadi dari bagian dalam tubuh juga bagian luar. Kematian bisa terjadi dalam rentang waktu 6 sampai 16 hari sejak gejala dimulai. Penyebab utama kematian biasanya karena tekanan darah yang menjadi sangat rendah akibat kehilangan banyak cairan tubuh. Wajar ya, jika penyakit ia menjadi momok menakutkan. Melihat tubuh-tubuh para korban saja begitu menyedihkan dan mengenaskan.

Bagaimana penularan terjadi?
Penyebaran virus terjadi melalui kontak darah atau cairan tubuh lain baik dari manusia ke manusia atau juga dari hewan ke manusia. Hewan?. Iya!. Bahkan para peneliti percaya kalau ternyata monyet dan kelelawar buah adalah binatang yang membawa virus ini di tubuh mereka tanpa terinfeksi penyakitnya. Mereka mampu menularkan virus yang ada di tubuh mereka kepada manusia juga hewan-hewan, manusia dan hewan yang terinfeksi lalu meneruskan penyebaran virus tersebut kepada yang lain, baik ketika hidup ataupun setelah kematian.

Diagnosa.
Untuk mendiagnosa penyakit ini harus dibedakan benar dengan penyakit bergejala mirip seperti malaria, kolera dan demam berdarah karena virus. Diperlukan pemeriksaan darah untuk memeriksa virus di antibody, RNA atau juga untuk menemukan virus itu sendiri di dalam darah.

Dan pertanyaan pentingnya adalah : bagaimana cara mengontrol merebaknya penyakit ini lebih lanjut?
Tentu tak mudah, namun harus ada usaha yang dilakukan yaitu secepatnya mendeteksi orang yang terinfeksi juga mencari jejak atau sumber infeksi. Bagaimana caranya?. Tentu dari hasil laboratorium yang akurat dan cepat. Begitu kasus ditemukan, pasien harus segera diisolasi, pasien terinfeksi yang meninggal juga harus dikuburkan atau dikremasi dengan aman. Binatang-binatang yang mati di daerah endemik harus diamankan dari kontak dengan manusia. Kebersihan dan perlindungan diri bagi yang sehat dengan cara tidak memakan daging mentah, mencuci tangan, memakai perlindungan diri terutama bagi tenaga kesehatan yang langsung berhubungan dengan pasien sebagai proteksi diri adalah sangat penting. Untuk pengobatan belum ditemukan obat khusus, penanganan pasien hanya sebatas terapi rehidrasi secara oral ataupun intravena.

Ah, semoga Ebola segera berlalu ya teman-teman. Jika pembaca menemukan kesalahan info, saran dan perbaikannya sangat diharapkan. Terimakasih.

Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Ebola_virus_disease
http://en.wikipedia.org/wiki/Ebola_virus_epidemic_in_West_Africa


6 komentar :

  1. ini ngeri juga ya kasus Ebola. Semoga segera berlalu. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... semoga segera berlalu...

      Hapus
  2. Di daerah mbak tinggal gimana? Apakah aman dari penyebaran ebola?

    Udah lama gak main kesini nih... semoga sehat ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dan semoga aman terus ya Mayya... Amin semoga Mayya dan keluarga juga sehat..

      Hapus
  3. ih mengerikan sekali ya ebola inih .. bahkan td saya lihat di berita di indonesia sudah ada 2 orang yang terjangkir

    BalasHapus
  4. sedih banget kalau ada penyakit yang obatnya masih tebak tebak buah manggis

    BalasHapus