Story of Ilakaka

15 komentar
Postcard : Childrens of Ilakaka

Seorang teman postcrosser dari Macau bertanya tentang kartu pos yang akan aku kirimkan untuknya. ‘Apa cerita dari kartu itu?’. Eh, apa ya?. Untunglah kami tak mengobrol langsung melainkan melalui chat fb jadi dia tak akan tahu kalau aku juga tak tahu :D dan aku terlalu gengsi untuk mengaku tak tahu. Karena pertanyaannya itu aku jadi lebih memperhatikan foto di kartu pos itu. Hanya ada keterangan sedikit di bagian belakangnya ‘Ilakaka’. Kenapa foto anak-anak dari Ilakaka ini menarik untuk dijadikan kartu pos?. Tentu ada alasannya. Karena pertanyaannya aku ‘terpaksa’ mencari tahu tentang itu, dan surprise! Apa yang aku temukan adalah sesuatu yg menakjubkan (setidaknya bagi aku), membuka wawasanku tentang sisi lain dari Madagascar, pulau yang sudah dua tahun aku dan keluarga diami.
Ilakaka adalah sebuah desa kecil di provinsi Ihorombe yang terletak di sebelah barat daya Madagascar. Dulunya hanya sebuah desa kecil yang dihuni oleh empat puluh jiwa penduduk dengan rumah-rumah kayu sederhana. Begitu terpencil bahkan keberadaannya tak penting untuk diketahui. Lalu segalanya berubah ketika pada tahun 1998 untuk pertama kalinya tersiar berita bahwa telah ditemukan bongkahan batu yang mengandung mica-gneiss, amphibolite, gabbro dan quartzite yang merupakan mineral radioaktif pembentuk safir dari bumi Ilakaka. Maka pendatang dengan segala kepentingan berdatangan. Penduduk dari desa-desa yang dekat dan yang jauh mencoba peruntungan dengan menjadi penambang tradisional, berharap batu-batu itu bisa membuat mereka meninggalkan kemiskinan dan hidup lebih layak. Penduduk Ilakaka booming menjadi puluhan ribu jiwa.

Foto dari : https://www.cs.utexas.edu/~shmat/photo/madagascar/01best/slides/16ilakaka1.html

Tak hanya masyarakat Malagasy yang datang, berita penemuan itu tersiar ke seluruh dunia. Para ahli/ilmuwan permata merasa harus meyakinkan diri mereka kalau permata yang ditemukan itu adalah asli, hasil bentukan alam ribuan tahun. Mereka datang dengan peralatan laboratorium canggih dan ketika tak juga puas dengan hasilnya mereka membawa beberapa karat bongkahan batu ke negaranya untuk diperiksa di laboratorium. Dan lalu berseru lantang : 'Keren! ini batu semuanya alami  dengan kualitas tinggi bukan buatan!'.
Para pedagang permata dunia melihat ini sebagai peluang besar, harta karun itu tak boleh hanya berada di bawah bumi, harus dikeluarkan agar dunia mengaguminya. Bahkan dikabarkan aktivitas riuh sekitar pertambangan Tanzania mendadak sepi karena para pedagang beralih ke Ilakaka yang merasa pertambangan di Ilakaka lebih menjanjikan pada waktu itu. Dan dalam waktu singkat Madagascar menjadi salah-satu pemasok permata dunia terbesar.

Foto dari : http://www.fieldgemology.org/
Ilakaka berkembang pesat. Rumah-rumah beton dibangun, toko-toko berderet membentuk pasar, juga dibangun gereja dan mesjid. Potensi safir bersama permata lain termasuk emas dan perak yang ditemukan sangat besar, tertanam dalam cakupan area 350 meter persegi juga di aliran-aliran sungainya. Para penambang lokal lebih mengutamakan kekuatan otot dan peralatan sederhana, meski ada juga beberapa peralatan yang lebih modern. 
Kementerian Pertambangan yang berwenang membuka kesempatan pemilik modal untuk melakukan penambangan. Petak-petak wilayahpun ditandai. Izin-izin tambang diberikan kepada kelompok besar yang lebih terorganisasi yang lalu melakukan perjanjian dengan penambang lokal. Konflik kepentingan antara kelompok pertambangan, penambang lokal, penduduk desa setempat, penambang liar yang datang dari mana saja terkadang meluap sebagai bentuk kekerasan. 
Seorang teman bercerita bahwa suatu kali pedagang Thailand datang ke Ilakaka untuk membeli permata. Setelah transaksi dilakukan mereka berencana kembali ke Antananarivo namun di tengah jalan mereka dihadang segerombolan orang tak dikenal yang menyerang mereka hingga tewas. Batu itupun kembali ke Ilakaka untuk dijual lagi kepada pembeli lain.
Foto dari : http://www.fieldgemology.org/blog_byKey.php?key=Ilakaka

Lalu apa yang terjadi sekarang? Setelah bertahun-tahun dilakukanya eksploitasi?. Tentu cadangan batu semakin menipis. Para penambang bergerak ke area yang lebih luas, menggali lebih dalam untuk menemukan batu dengan kualitas tak sebaik dulu. Namun Madagascar begitu diberkati Tuhan karena batu itu tak habis-habisnya terus muncul di bagian pulau yang lain. Tak hanya safir namun juga ruby, emerald, zamrud, emas, perak dan jenis mineral alam lain. Lalu masyarakatnya kaya?. Oh, ini menyedihkan untuk mengatakan kalau Madagascar termasuk dalam negara-negara termiskin di dunia. Kemiskinan yang begitu mencolok terlihat mata tak hanya di desa-desa pelosoknya namun juga di kota-kotanya. Ironis!. 

Sumber :
www.rwwise.com/madagascar
www.gia.edu/gia-news-research-Sapphire-Mining-Ilakaka-Madagascar



15 komentar :

  1. wah,saya malah bar tahu mbk....makasih sharingnya,rumahnya khas begitu ya mbk madagaskar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau rumah tradisionalnya sih biasanya tingkat dua dengan beranda kayu Hanna. Tapi yang dari tanah liat dengan atap seng atau pelepah daun juga banyak... kalau rumah orang-orang tajirnya sihhhh gaya Eropah! ;D

      Hapus
  2. Apa aku pindah ke Ilakaka juga ya? Capek ngumpulin uang buat beli mahar. Mending cari permata dan emas aja di dalam tanah. Hahaha...
    Sama dengan Bang Hijrah. Aku pun jadi makin penasarana sama Makasar...eh Madagaskar. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang mau dilamar gadis disini tak perlu emas Citra hehehe...tapi kalau gadis aceh yahhh ide bagus tuuh buat gali emas... katanya di Aceh Barat daya baru ditemukan tambang emas ya?

      Hapus
  3. Sedih ya kak...tanahnya penuh bebatuan mulia tp hidup masyarakatnya ga sejahtera.. keadaannya mungkin ga jauh beda dgn WNI yg hidup disekitar pertambangan..kebagian polusi n keeusakan alam tp ga pernah merasakan keuntungannya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang ya... ironi negara yg hasil alamnya kaya seringkali begitu.

      Hapus
  4. menarik, kalau bukan karena membaca pos ini saya tidak pernah tau tentang cerita ilakaka... ngomong ngomong itu bukan di Indonesia ya kak ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilakaka adalah salah-satu tempat di Madagascar, Afrika tengah mas Eko.

      Hapus
  5. Sebelas dua belas ama tambang emas di Papua ya, Mba Haya. Selalu begitu deh, masyarakat sekitar kurang ikut menikmati kemakmuran.
    Kartu posnya bagus mba, mau dong yuuk swap denganku. Album swapku ada di salah satu postingan blog kartu posku :) *gak berani kasih link ntar dikira nyepam xxiixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak nasibnya mirip ya.. :(
      AYoooo mbak swappp :D

      Hapus
  6. Wah, baru tahu juga nih Mbak tentang Ilakaka.. menarik ya ceritanya.. tapi kondisi masyarakatnya yang bikin miris.. ironis.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. haya disana kuliah ya
      menarik ulasannya, jadi makin penasaran dengan negara tersebut
      btw utk liburan kesana mahal ga bajetnya, trus tempat apa saja yg menarik disana

      Hapus
    2. Bukan kuliah kak tapi 'kerja' :D. Mahal atau nggak relatif ya kak... kayaknya biaya hidup lebih mahal di Eropa tapi dibanding Indonesia lebih murah Indonesia.
      Tempat yang menarik.. alamnya! Kalau kotanya belum terlalu maju... Banyak turis yang kemari utk berpetualang di alamnya kak..

      Hapus
  7. JUAL BONGKAHAN BATU BACAN DARI MALUKU UTARA,BACAN DOKO DAN PALAMEA (TERNATE DAN HALMAHERA) DI JAMING 100% KEASLIANNYA (Uang kembali kalau bukan batu bacan asli dari maluku utara)

    Daftar harga sebagai berikut;
    ✿ BACAN DOKO DARI TERNATE (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta 200 Ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta
    -Berat 5 Kg Rp 7 Juta
    -Berat 10 Kg Rp 10 Juta
    -Berat 15 Kg Rp 12 Juta
    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

    ✿ BACAN PALAMEA DARI HALMAHERA (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 200 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 200 Ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta
    -Berat 5 Kg Rp 7 Juta
    -Berat 10 Kg Rp 10 Juta
    -Berat 15 Kg Rp 12 Juta

    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

    ✿ Kondisi bahan ;
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
    – Bahan tua (galian lama)
    – Hasil tambang sendiri
    – Bukan bacan rawatan,tapi murni hasil alam
    – Kualitas super kristal, sudah tembus
    – Sudah tembus
    – Beberapa titik sudah ada yang kristal
    – Bahan keras dan padat
    – Siap gosok poles
    – Daging utuh, tanpa kapur
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita

    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    No.HP 081998473216
    PIN BB: 53DD0682

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004 rw 007,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    No.HP 081998473216
    PIN BB: 53DD0682

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Assalamu Alaikum

    BalasHapus