Ulasan Buku : Thurston House

7 komentar


Judul                  : Thurston House
Penulis               : Danielle Steel
Penerbit              : PT.Gramedia Pustaka Utama
Penterjemah       : Threes Susilastuti
Kategori             : DEWASA

Ini adalah buku Danielle Steel ketiga yang saya baca setelah Message from Nam dan Jewels. Ketiga buku ini mungkin tak akan saya baca kalau saya berada dekat dengan toko-toko buku yang menjejerkan banyak buku lain untuk dipilih. Disini saya membaca buku yang ada, tak banyak pilihan :D. Jika saya sedikit kecewa dengan Message from Nam, novel Thurston House ini memuaskan saya kecuali pada beberapa bagian yang membuat saya risih karena terlalu dewasa. Iya, ini novel luar yang budayanya berbeda dengan Indonesia hanya saja untuk novel terjemahan mungkinkah dilakukan pemangkasan adegan?. Namun diluar masalah itu, novel ini sangat menarik.. saya suka..saya suka… ^^ Romance abisszz.

Saya terpesona dengan keindahan ‘aliran ceritanya’ bahkan sejak lembar-lembar pertama. Gaya bertuturnya detail menggambarkan setting tempat dan waktu. Detail namun tidak berlebihan hingga pembaca tak akan ditunjukkan kepada sesuatu yang tak penting atau sama-sekali tak perlu. Tanah pertambangan, tanah-tanah pertanian anggur, rumah di Hava dan rumah Thurston yang menjadi tempat dimana tokoh-tokohnya memiliki pengalaman masing-masing. Kedua rumah indah yang dibangun dengan alasan khusus oleh Jeremiah Thurson adalah rumah yang indah, digambarkan secara detail yang membuat kita ingin berkunjung dan menjadi penghuninya --setidaknya itu keinginan saya---.

Buku setebal 634 halaman ini mengajak pembacanya untuk mengenal Jeremiah Thurston, orang-orang disekitarnya lalu juga anak dan cucunya.
Karaktek-karakternya yang digambarkan secara kuat membuat emosi saya terpancing. Kemanjaan dan ‘kematrean’ Camille, kesederhanaan Mary Ellen, keteguhan Sabrina, keegoisan Jonathan dan betapa baik hatinya Andre. Juga karakter tokoh-tokoh lain yang muncul dalam bab per babnya.

Konflik yang diceritakan memacing emosi saya namun lalu terasa ringan dengan segala kemelimpahan harta para tokoh.  Kisah cinta, kebanggaan keluarga juga pengkhianatan semuanya tersaji apik.. dan saya memberikan empat bintang setengah dari lima bintang.



7 komentar :

  1. Kebanyakan novel luar memang selalu ada bagian yang cukup vulgar ya, Mbak. Versi terjemahannya saja masih ada begitunya. Saya sempat baca novel sejenis versi terjemahan di rumah seorang temen, bacanya sekilas, konfliknya bukan roman padahal, tapi ada juga adegan yang cukup ehem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang vulgar atau nggak kadang beda2 pendapat ya Sofia.. Ada yang menganggap wajar ada juga yang tak nyaman..

      Hapus
  2. aku pernah baca karya Danielle Steel kalau gak salah ada yang di jadikan film juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ya mbak.. soalnya novelnya beliau banyak banget dan penjualannya juga keren :)

      Hapus
  3. Owh? Saya kira Danielle steel genrenya ga romance abis ada detektif detektif gitu. Pernah baca beberapa novelnya lupa yg mana dan tidak pernah lagi. Mbak haya baca buku yg ada selama disana dapatnya darimana? Kapan2 tolong critain toko buku disana dong mbak saya selalu suka toko buku dan penasran toko buku di tiap negara, itu kalau ada waktu dan tidak merepotkan. Trimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang pinjam dari pustaka KBRI ada juga pinjam dari teman.. Kadang kalau lagi rejeki bisa nitip beli di Indonesia sama teman yang pulang mbak.. Toko buku ada beberapa tapi kebanyakan buku bahasa Perancis, lihat judulnya aja kepala langsung nyut-nyut :D Yang Bahasa Inggris juga sama :D

      Mudah2an ntar bisa nulis tentang itu ya mbak.. Makasih Mbak Ru

      Hapus
  4. ulasan kok dikit sih, Mbak? malah bikin penasaran. Biasanya gue malah gak jadi beli bukunya gara-gara ulasan yang terlalu panjang. Bhahaha

    BalasHapus