Cara Mengirim Artikel Jalan-Jalan untuk Rubrik Oleh-Oleh Majalah Femina

18 komentar

Majalah Femina adalah satu dari majalah besar yang semakin eksis di Indonesia. Terbit seminggu sekali dengan ragam rubrik dan isu adalah bukti para pengasuhnya tak main-main. Mereka bergerak dinamis, profesional, selalu beradaptasi cepat dengan perkembangan masa ke masa. Karenanya kalau kita ingin artikel atau tulisan kita dimuat di Femina, kita juga harus menulis dengan apik dan serius.

Ada beberapa rubrik yang dibuka bagi penulis freelance : Fiksi (cerpen dan cerbung), gado-gado dan rubrik Oleh-oleh. Rubrik Oleh-Oleh berisi tentang kisah perjalanan, kunjungan wisata juga tempat-tempat menarik di suatu wilayah dalam negeri juga luar negeri.

13 Mei 2015 saya mencoba peruntungan saya dengan mengirimkan artikel jalan-jalan berjudul 'Perjalanan Menuju Hutan Batu Tsingy de Bemaraha, situs Unesco di Madagaskar'. Adalah sebuah keberuntungan yang manis email saya mendapat respon kilat, hanya jeda hitungan menit. Hal yang sangat jarang terjadi kan? Respon itu berupa konfirmasi kalau artikel saya akan mereka muat di femina, namun harus masuk daftar antrian untuk waktu yang belum ditentukan. Tak apa! Saya rela menunggu dengan berdebar... ^^


Desember, sang editor kembali menghubungi saya melalui email, mengatakan kalau artikel saya akan dimuat untuk edisi januari 2016.

Yang berkesan bagi saya adalah, proses editing terjadi secara dua arah antara editor dan saya sebagai penulisnya. Perbaikan kalimat yang tidak efektif, data-data yang kurang dan juga penambahan foto-foto yang dibutuhkan membuat kami bolak-balik berbalas email. Editor menandai bagian yang harus saya perbaiki dan saya juga bisa belajar membaca yang diinginkan oleh editor. Biaya perjalanan yang awalnya saya tulis secara umum, kembali harus saya telusuri lebih detil. Semua itu membuat artikel saya serupa didandani dan tampil lebih baik.



Dan semua usaha itu rasanya terbayar manis ketika seorang teman memperlihatkan foto penampakan artikel tersebut di Femina edisi Januari. Saat itu saya masih di Madagaskar sedang bersiap untuk pulang.

Kamu punya kisah perjalanan dan ingin mengirimkannya ke Femina? Berikut sarat teknisnya:

  • Ketik ceritamu dengan font Arial 12 spasi 1 sebanyak 4-5 halaman ukuran kertas letter.

  • Sertakan sekitar 15  foto, boleh dalam resolusi rendah, namun nanti akan diminta resolusi besar jika akan dimuat.

  • Kirimkan artikel dan foto dalam bentuk attachment ke email kontak@femina.co.id dengan memberi menyertai keterangan [Rubrik Feature] di judul email.

  • Di badan email tulis pengantar singkat  tentang diri kita, alamat, nomor identitas, karya-karya yang pernah kita hasilkan juga nomor rekening dengan sopan.

    Akan ada honor manis yang ditransfer tak lama setelah waktu pemuatan, jadi selamat mencoba ya ^^

    Haya Nufus

18 komentar :

  1. Tertarik deh buat ngirim juga.
    Terima kasih sudah berbagi info (y)

    BalasHapus
  2. Luar biasa Kak, sayang saya jarang jalan-jalan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal kan Aceh Barat laut dan gunungnya bagus banget Bai

      Hapus
  3. Wah keren prosesnya sampe kaya nulis buku ya kak revisi berkali2 rp aku yakin hasilnya pasti keren. Aku save ya postingan ini. Kapan2 nyobain ah kirim ksni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe mungkin karena destinasi jarang kak, jadi banyak yg harus ditambahkan lagi :)

      Hapus
  4. Waaaaa keren, tentu tulisan kakak oke dan foto-fotonya juga oke ya, makanya langsung dapat respon kilat dalam hitungan menit :) makasih kaaaaak... uda menginspirasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinannya sih karena destinasinya Madagaskar yang jarang diliput Emanuella.

      Hapus
  5. Lama juga ya nunggunya sampai berbulan2 tapi memang destinasinya gak umum sih jadi langsung acc. Kalau saya jalan2 baru seputaran garut aja hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Leyla 8 bulan nunggunya :D Saya juga itu karena 'takdir' mbak hehe

      Hapus
  6. Kece, Mbak. Bisa dimuat di femina. Baru tau kalau Femina juga menerima tulisan jalan2. Kirain cuma Gado2 dan cerpen. Thanks infonya, Mbak :-)

    BalasHapus
  7. Nunggunya sampe 8 bulan kak? ya Allah...Lama banget ya -__-" Tapi berkesan sih dimuat di Femina :D Makasih info nya kak. Mudah-mudahan lain waktu tulisan lia juga bisa nongol disana. Hehe

    BalasHapus
  8. Wah, cepat sekali respon dari Femina-nya... kapan ya pengen nyoba nulis masukin ke media... XD

    BalasHapus
  9. kak.. boleh share tulisan hasil editannya di blog kak? :)

    BalasHapus
  10. kak.. boleh share tulisan hasil editannya di blog kak? :)

    BalasHapus
  11. waah terima kasih atas info menariknya.. bookmark dulu ah :D
    salam kenal

    BalasHapus
  12. pengen deh masuk rubrik jalan-jalan tapi belum pernah jalan-jalan jauh dan ke tempat wisata yang ga umum , smg suatu saat bisa :)

    BalasHapus